FBS

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mengamankan joomla 1.5 yang tepat

Monday, October 18, 2010

Pada kesempatan posting kali ini saya akan menjelaskan bagaimana sih caranya mengamankan Joomla 1.5 anda ? Karena beberapa temen saya sempet bingung juga kenapa webnya Joomla padahal sudah di amankan dan di teliti menurut pendapat dia sih …… tetap saja kena hack ?
Begitu rawan kah Joomla untuk sebuah website ?
Jawaban saya adalah tergantung bagaimana anda mengelola dan mengamankannya ? Karena setiap CMS itu di bangun dengan konsep Pure ( murni ) artinya tidak ada tambahan plugin keamanan tambahan, biasanya yang dilakukan developer besar seperti joomla adalah hanya menutup celah keamanan script kemudian memunculkan versi barunya.
Jangan dikira bila anda menggunakan Joomla versi terbaru anda bisa aman dari sang hacker. Masih untung kalo cuma 1 atau 2 hacker yg ujicoba website anda :) , bagaimana bila website anda jadi bahan praktek Forum Hacker yang selama ini ada di Indonesia. Web anda bisa jadi sasaran bahan praktek para newbie hacker yang ingin belajar ngehack.
Bagi saya plugin itu nomor 3 …. yang penting adalah :
1. Pastikan Hosting server anda menggunakan suPHP, tanyakan ini ke penyedia hosting anda, kalo hosternya ga tau mending ga usah hosting disitu, karena itu hal dasar pengetahuan seorang hoster. Kalo bingung cari hosting yang support suPHP klik disini aje
2. Pastikan Chmod permission file2 anda di cpanel
periksa file : index.html, atau index.php anda, .htaccesspastikan chmod 644
pastikan folder public_html chmod 755, kalo ga, segera di rubah ya
pastikan folder2 lain minimal harus 755, jgn sampai anda melihat ada folder chmod 777 :)
3. Pasanglah plugin ini : bisa di download disini
Caranya :
Masuk halaman administrator Joomla anda
Extension – Install
brows file yg anda download tersebut…
kemudian …
Masuk ke Extension – Plugin Managed – Enable Yes
Dengan plugin ini maka berbagai serangan seperti hacking, SQL injection, XSS akan dapat di hadang.
Selamat mencoba ….. Sumber : http://komputerinternet.com/mengamankan-joomla-1-5-yang-tepat/

0 Komentar: