FBS

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mengoptimalkan dan Mempercepat Kinerja Windows 8.1

Thursday, February 18, 2016

Cara Mempercepat dan Mengoptimalkan Kinerja Windows 8.1

Sudah menjadi rahasia umum jika Windows 8.1 mempunyai beberapa keunggulan dari para pendahulunya seperti Windows 7, Windows XP & Windows Vista, diantaranya memiliki tampilan desktop yang lebih bagus dan tajam, waktu booting yang cepat, pengunaan memory RAM yang lebih rendah, serta dapat melakukan tweak seperti halnya pada Windows 7, Windows XP, & Windows Vista.

Akan tetapi ketika sudah banyak sekali aplikasi yang diinstal, terkadang akan mempengaruhi kinerja dan performa pada windows kita dan bisa juga membuat windows kita menjadi lambat/lelet.

Untuk mengatasi hal tersebut, saya sudah siapakan langkah-langkah untuk menigkatkan dan mengoptimalkan kinerja dari windows 8.1.

1. Matikan Beberapa Animasi yang Tidak Perlu

Pertama masuk ke Start Screen lalu ketikan Advnaced System Setting di Windows Serach kemudian klikView advanced system setting.


Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah berikut, lalu klik pada tab Advanced kemudian klik Settingpada bagian Performance.


Kemudian setelah itu akan muncul tampilan lagi seperti berikut.


Pada bagian ini, kamu bisa mengatur beberapa setting yang sekiranya tidak terlalu penting, seperti animasi minimize atau maximize dan yang lainnya, cukup dengan menghilangkan centang/ceklis pada bagian yang mau kamu hilangkan, kalau kamu bingung ikuti saja punya saya diatas.

2. Matikan Beberapa Aplikasi yang Berjalan saat Startup


Proses Startup yang lama terkadang juga dapat dipengaruhi oleh beberapa aplikasi yang berjalan pada saat prosess Startup, untuk itu matikan lah beberpa aplikasi yang tidak perlu dijalankan saat proses Startup. Dengan mematikan beberapa aplikasi ini dapat memepercepat proses Startup.
Cara mematikannya cukup dengan klik kanan pada aplikasi yang ingin dimatikan lalu klik Disable.

3. Optimalkan Kinerja Harddisk dengan Melakukan Defragmenter


Lakukanlah defrag pada harddisk untuk mengoptimalkan kinerja windows 8.1, untuk membuka tools ini kamu dapat ketikan defragment pada start screen lalu pilih pada kategori setting kemudian enter.


4. Matikan Windows Index Service

Dengan menggunakan windows index service, kamu dapat lebih mudah mencari file di windows. Tools ini sangat bermanfaat dan memudahkan untuk mencari file-file secara cepat dan mudah, karena tools ini menggunakan CPU Time agar dapat berjalan. Akan tetapi tools ini akan memakan banyak sekali CPU yang mengakibatkan windows 8.1 menjadi lambat.

Untuk dapat mematikan tools tersebut, caranya kita masuk ke windows start screen lalu ketikanservices.msc kemudian enter.


Kemudian setelah muncul tampilan Optimize Drives. Pertama cari windows search lalu klik kanan pada windows search dan pilih properties.


Kemudian akan muncul tampilan baru, pilih tab general lalu pada bagian startup type pilih disable.


5. Optimalkan Mode Sleep

Gunakanlah mode sleep saat kamu ingin mematikan komputer dalam jangka waktu pendek/sebentar. Karena didalam mode sleep, komputer menggunakan sedikit tenaga untuk menaruh beragam program/aplikasi yang berjalan. Ketika komputer kamu dihidupkan kembali, maka komputer akan menyala dengan cepat.

Untuk bisa melakukan sleep, arahkan kursor kamu ke pojok kanan atas/bawah, kemudian arahkan kembali kursor ke bawah klik setting lalu pilih sleep pada tombol power. Kamu juga dapat melakukan sleep dengan dengan langsung menutup layar laptop.


6. Optimalkan antivirus Bawaan dari Windows

Gunakan windows 8 yang telah ada antivirus dari Microsoft, yakni Windows Defender. antivirus ini adalah aplikasi keamanan yang yang sudah termasuk di windows 8, dengan menggunakan Windows Defender saja saya rasa sudah cukup dan tidak perlu lagi menginstal antivirus dari vendor lain karena biasanya akan berdampak pada penggunaan Resource Memory. Terlalu banyak menggunakan antivirus juga dapat mempengaruhi kinerja dari dari windows kamu.


7. Optimalkan Pemakaian Baterai

Gunakanlah pemakaian Battery sesuai kebutuhan dengan Setting Power Plan, jika secara default windows menggunakan mode Balance yaitu untuk menyeimbangkan komputer dengan daya yang dibutuhkan, dengan menggunakan mode ini akan menghemat power. Sedangakan jika menggunakan mode High Performance, komputer kamu akan memberikan performa yang sangat tinggi pada setiap pengerjaan apapun yang dilakukan, jika kamu ingin meminimalkan daya pada setiap penggunaan komputer kamu, maka gunakanlah power saver namun mode ini akan meminimalkan kemampuan komputer kamu.

 
8. Optimalkan Kinerja RAM dengan Mematikan Aplikasi yang Banyak Memakan Memory

Di windows 8 kini sudah ada tampilan baru pada Task Manager yaitu tampilan dan fitur yang bisa memberikan/memperlihatkan pada kamu pengguna windows 8 yaitu informasi tentang aplikasi yang banyak menggunakan memory RAM, Disk & CPU. Aplikasi yang banyak memakan memory akan akan berwarna gelap sedangkan aplikasi yang sedikit memakan memory akan berwarna terang, selanjutnya kamu tinggal memilih aplikasi mana saja yang ingin dimatikan. Klik kanan pada aplikasinya lalu klik end task.


Sekian informasi yang dapat saya berikan...
Semoga bermanfaat...
Sumber : http://berita93.blogspot.co.id/2015/05/cara-mempercepat-dan-mengoptimalkan.html

0 Komentar: