Banner IDwebhost

FBS

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Mempartisi Harddisk Menggunakan Disk Management Pada Windows 7

Sunday, February 13, 2011

 

Pernakah anda membeli lattop / pc baru dengan System Operasi Windows 7 yang oleh teknisinya tidak membai partisinya. Sehingga suatu saat akan merepotkan kita mengamankan data pada saat windows harus di instal ulang. Hal yang sama di alami oleh kawan saya yang kebetulan baru berli lattop baru dan mau memisahkan antara file system dan data. Untungnya ketemu tulisan berikut :

Terkadang dan masih banyak teman-teman menggunakan aplikasi pihak lain dalam mem-partisi harddisk yang terpakai di PC/Laptop mereka. Pada seri Vista ataupun Windows 7, hal ini dapat kita lakukan dengan menggunakan Disk Management. Saat ini saya akan mencoba menunjukkan bagaimana membagi ruang pada harddisk laptop yang saya gunakan.
Untuk memulainya, anda dapat melalui ‘Control Panel\All Control Panel Items\Administrative Tools’ lalu pilih ‘Computer Management’.
atau langsung mengetikkan Disk Management pada tombol Start – Search Programs and Files (untuk Windows 7).
image
Lalu pilih ‘Create and Format Disk Partitions’.
Setelah itu akan tampak menu :
image
Skenario saat ini, saya akan mencoba membagi sedikit ruang pada drive F pada laptop saya.
Pada gambar diatas, terdapat 32.84 GB pada drive F.
dan saya akan mengambil 10 GB untuk drive baru yang akan saya bentuk.
Klik kanan pada drive yang ingin dibagi. Lalu pilih ‘Shrink Volume’.
image
Lalu, berikan nilai pada drive baru yang akan dibentuk (dalam MB). Saya memberi nilai 10 GB atau 10000 MB.
image
Klik ‘Shrink’.
Lalu akan terbentuk drive baru dengan volume 9.77 GB *system tidak full memberi ruang.
image
Nah langkah selanjutnya, klik kanan pada drive baru, lalu pilih ‘New Simple Volume’.
image
Klik ‘Next’
image
Berikan nilai pada ‘Simple Volume Size in MB’, lalu klik ‘Next’.
image
Nah, disini, anda dapat memberikan nama pada drive baru tersebut, silahkan memilih ‘Assign The Following Drive Letter’, saya memilih drive I saja.
image
Pada gambar diatas, format drive tersebut dengan memberi centang pada ‘Format This Volume With The Following Settings’. dan berikan file system (apakah menggunakan FAT32 atau NTFS) lalu berikan nilai DEFAULT pada Allocation Unit Size dan pada Volume Label anda dapat memberikan label sesuai keinginan anda. Lalu klik ‘Next’ dan ‘Finish’.
Lalu drive baru anda telah dibentuk.
image
Mudah bukan?
Sumber : http://mugi.or.id/blogs/kisman/archive/2010/05/02/mempartisi-harddisk-menggunakan-disk-management-pada-windows-7.aspx

0 Komentar:

 
 
 
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online