FBS

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

10 Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit

Wednesday, May 12, 2010

 Pada jaman modern seperti sekarang ini, manusia semakin dimanjakan dengan kehadiran inovasi terbaru yang disediakan oleh para pebisnis, baik di dunia online maupun offline. Salah satunya adalah layanan yang dikeluarkan oleh pihak perbankan, termasuk perbankan nasional, yang sudah bekerja sama dengan perusahan internasional seperti Visa dan Mastercard, yaitu fasilitas kartu kredit. Bagi sebagian orang, penggunaan kartu kredit menjadi bagian dari kehidupan sehari-harinya yang tidak dipisahkan. Sedangkan bagi sebagian yang lain, Kartu Kredit menjadi sebuah sosok yang menakutkan, karena bisa menjerat pemiliknya ketika tidak bisa mengontrolnya dalam menggunakannya. Bagi pelaku bisnis online, Kartu Kredit merupakan salah satu bagian yang bisa mempermudah dalam menjalankan bisnis online, diantaranya seperti belanja online, menerima pembayaran online, juga sebagai media verifikasi rekening online, seperti paypal misalnya, dan juga masih banyak lagi manfaat lainnya.


Dari penjelasan singkat tentang kartu kredit di atas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pengguna kartu kredit guna keamanan dan kenyamanan dalam penggunaan kartu kredit. Bagi yang belum mengetahui 10 Tips Aman Menggunakan Kartu Kredit, bisa membaca artikel berikut ini:
1. Kartu Kredit harus selalu ada dalam pengawasan Anda dan tidak boleh dipindahtangankan, termasuk kepada keluarga atau orang terdekat sekalipun. Kartu kredit juga tidak boleh ditinggalkan di rumah ataupun di kantor.

2. Jangan pernah memberitahukan PIN Anda pada orang lain karena PIN bersifat rahasia dan hanya Anda yang mengetahui nomor PIN Anda.

3. Jangan pernah memberitahukan informasi data pribadi mengenai kartu kredit Anda, seperti nama gadis ibu kandung, masa berlaku kartu kredit, 3 (tiga) angka di belakang kartu, atau limit kartu kredit Anda kepada pihak yang tidak berkepentingan.

4. Apabila bertransaksi di merchant, pastikan staff merchant dimana Anda bertransaksi, langsung membawa kartu Anda ke tempat kasir (tidak dibawa ke tempat diluar pengawasan Anda) dan pastikan juga bahwa kartu kredit Anda tidak tertinggal di merchant.

5. Sebelum menandatangani sales draft, pastikan jumlah transaksi yang tercetak di sales draft telah sesuai dengan jumlah transaksi yang Anda belanjakan.

6. Apabila Anda bertransaksi di dunia maya (on-line), pastikan bahwa tempat Anda bertransaksi adalah tempat yang aman dari kemungkinan penyalahgunaan kartu kredit.

7. Apabila Anda menerima penawaran dari merchant dengan mempergunakan telepon, surat ataupun internet, pastikan bahwa Anda telah mengetahui produk dan jasa yang ditawarkan sebelum Anda menyetujui dan memberikan nomor kartu kredit Anda kepada merchant tersebut.

8. Apa kartu kredit Anda hilang, segera melapor ke customer service masing-masing penyedia kartu kredit Anda untuk segera diblokir agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan karena penyalahgunaan kartu kredit Anda.

9. Apabila kartu kredit Anda hilang di luar negeri, maka Anda dapat menghubungin kantor perwakilan Visa Internasional atau MasterCard yang ada di negara tersebut.

10. Apabila terdapat tagihan yang tidak sesuai, segera laporkan kepada Bank penyedia kartu kredit tersebut selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal cetak lembar tagihan. Apabila tidak ada pengaduan dari Anda, maka bank penyedia kartu kredit menganggap Anda setuju dengan ketidaksesuaian yang ada di tagihan.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

0 Komentar: