FBS

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

Warna Cerah Pembawa Rasa Bahagia

Tuesday, May 25, 2010


Warna cerah pembawa rasa bahagia (Foto: Corbis)
INTERIOR rumah dapat mendukung suasana bahagia keluarga Anda. Tidak percaya? Coba saja pilih warna cat kuning, oranye, atau merah bata, yang bersifat mendinginkan.

Rumah dengan konsep minimalis kerap menjadi favorit banyak orang. Ini dikarenakan si pemilik rumah tidak direpotkan dengan urusan pemilihan warna dinding, warna dan motif wallpaper, warna serta motif lantai, maupun penataannya di antara elemen interior yang lain.

Padahal sebenarnya memilih warna, terutama warna dinding, merupakan kegiatan yang menyenangkan. Ada banyak warna yang dapat dipilih dan Anda tak perlu selalu memilih warna-warna netral, seperti abu-abu, krem, cokelat, ataupun putih.

”Memilih warna-warna netral memang bisa menjadi sangat memudahkan bagi Anda. Ini dikarenakan Anda tidak perlu repot mengatur dan mencocokkannya dengan warna-warna dari elemen lain. Akan tetapi, bukan berarti Anda tidak boleh memilih warna-warna cerah sebagai dasar interior. Warna-warna cerah dan mentereng juga bisa mempercantik interior kalau Anda tahu bagaimana mengaturnya,” ujar desainer interior Fifiana.

Warna-warna cerah dan mentereng seperti merah, oranye, kuning, pink, biru muda, dan ungu terang, kerap diidentikkan sebagai warna-warna panas atau hangat. Sementara warna-warna kalem seperti putih, abu-abu, biru laut, hijau tua, dan krem, cenderung diidentikkan sebagai warna dingin.

”Sebenarnya memadukan warna dingin dengan warna hangat adalah hal yang bagus. Itu artinya keseimbangan.Yang penting perpaduannya masih pas dengan konsep keseluruhan interior,” ujar Fifiana.

Coba saja Anda mulai dari ruang tamu. Pada ruang tamu di perumahan, orang cenderung memberi warna dinding dengan warna-warna dingin, seperti abu-abu atau krem yang netral serta cocok disandingkan dengan warna apa pun.

Tapi, kini Anda juga bisa berkreasi dengan warna-warna hangat. Merah marun contohnya. Anda bisa mengecat salah satu sisi dinding dengan warna merah marun, sementara sisi dinding yang lain berwarna krem atau abu-abu.

”Memberi warna cerah pada dinding tidak harus selalu di seluruh sisi dinding. Bisa saja salah satunya atau hanya beberapa. Justru kalau dipadukan dengan warna lain bakal menghasilkan nuansa dinding dekoratif,” papar Fifiana.

Bahkan jika Anda memiliki jiwa yang kreatif, Anda bisa mengkreasikan warna dekoratif yang lebih unik. Anda boleh memberi dua atau lebih warna sekaligus pada satu sisi dinding seperti yang umum terlihat pada rumah-rumah dengan nuansa art deco.

Pada kamar tidur misalnya, yang merupakan peraduan pribadi Anda. Anda bisa memberi sentuhan warna cerah di salah satu dinding, misalnya di sisi dinding tempat kepala tempat tidur bersandar. Beri warna cerah pada bagian tengah dinding dengan model vertikal atau horizontal dan warna kalem di bagian pinggirnya.

”Walaupun memilih warna cerah itu terserah selera Anda, tapi tentu setiap ruangan pemilihan warnanya tidak bisa disamakan. Anda dapat memilih warna cerah oranye untuk ruang makan. Tapi untuk ruang tidur, warna oranye terlalu ”panas” dan mencolok. Nanti Anda malah tidak bisa tidur. Pilih warna hangat yang cenderung menuju warna dingin,seperti biru terang atau hijau daun. Kalaupun ingin memilih warna merah, Anda bisa memilih warna merah marun karena warna tersebut lebih gelap daripada merah terang,” tutur Fifiana.

Untuk ruang keluarga, Anda boleh memberikan nuansa warna oranye, kuning, atau merah bata karena warna-warna tersebut merupakan warna playful dan menyenangkan sehingga akan lebih membawa nuansa kebahagiaan serta kesenangan di ruang keluarga Anda.

”Ruang keluarga kan tempat berkumpulnya keluarga. Apalagi kalau dalam seminggu sangat susah menyatukan mereka semua.Karena itu, ruang keluarga harus diberi nuansa yang menyenangkan agar suasana akrab dan kekeluargaan lebih terbangun,” tandas Fifiana.
(Koran SI/Koran SI/nsa)

0 Komentar: